Site icon Berdikarinews.id

Visitasi Sekolah, Puskesmas Cek Kesiapan Sarpras Sebelum Ujian Tatap Muka

Personil Puskesmas Jati melakukan pengecekan sekolah yang akan melakukan ujian sekolah tatap muka Kamis (18/4/2021)

Kudus, berdikarinews.id – Puskesmas mulai melakukan pengecekan sarana dan prasarana sekolah yang akan melakukan ujian sekolah (US). Pengecekan sarpras tersebut antara lain tata letak tempat duduk, tempat cuci tangan, handsanitaizer hingga desinfektan.

Pengecekan tersebut dilakukan setelah seluruh guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang akan melakukan US tatap muka divaksin. “Kami cek semua, harus sesuai prokes, tempat duduk berjarak hingga ketersediaan handsanitaizer,” kwta Kepala Puskesmas Jati Amad Muhammad saat monitoring pengawasan persiapan US tatap muka, kemarin (17/4), sekolah yang ditinjau yakni SMP NU Al Ma’ruf.

Tak hanya dari puskesmas, pihaknya juga didampingi dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus. Pihaknya melakukan pengecekan menyeluruh lokasi pembelajaran agar sesuai standar protokol kesehatan hingga kesiapan penanganan covid-19 di sekolah.

Dalam monitoring tersebut, secara keseluruhan memang sudah siap. Namun ada beberapa titik yang dianggap kurang, sehingga pihaknya memberikan informasi sekaligus solusinya. “Kami juga memberikan banner dan desinfektan untuk mendukung pencegahan covid-19,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tatap muka, bangku kelas harus diberi jarak dan siswa duduk satu-satu tiap meja. Sedangkan sebelumnya satu meja digunakan dua siswa.

Sementara itu, Kepala SMP NU Al Ma’ruf Kudus Miftah menambahkan,
Visitasi yang dilakukan memang terkait dengan rencana US tatap muka. Puskesmas melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan tersebut, sudah sesuai prokes atau belum.

Dia mengakui ada beberapa masukan terkait kekurangan sarana dan posisi yang harus dibenahi. Sehingga diharapkan US tatap muka bisa berjalan baik ketika semuanya sudah dilengkapi.(sol)

Exit mobile version