Kudus, berdikarinews.id – Ada berbagai model bisnis di era modern ini yang sangat menguntungkan Salah satunya adalah bisnis digital subscription. Bagi kamu yang suka dunia bisnis, tentu sudah tidak asing lagi dengan model bisnis yang satu ini karena banyak digunakan oleh perusahaan kelas dunia.
Namun bagi kamu yang belum mengetahui tentang model bisnis subscription, pada kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu bisnis subscription, fokusnya, keunggulannya, cara kerjanya, hingga manfaatnya.
Apa Itu Model Bisnis Subscription?
Model bisnis subscription adalah sebuah strategi bisnis yang mana para pelanggan harus membayar biaya sebelumnya untuk dapat mengakses layanan atau produk tertentu. Biasanya, pelanggan diharuskan membayar sejumlah biaya langganan per bulan.
Strategi ini dianggap menjadi salah satu cara supaya pelanggan tetap setia menggunakan produk atau layanan tersebut. Jadi dengan melakukan pembayaran di awal pelanggan tentunya tidak beralih ke layanan atau produk lainnya.
Kebanyakan perusahaan yang menerapkan model bisnis digital subscription yaitu perusahaan raksasa baik di Indonesia maupun internasional. Misalnya saat ingin menonton film di sebuah aplikasi, pengguna wajib membayar sejumlah biaya langganan.
Dalam menggunakan model bisnis subscription, fokusnya ada pada nilai predictabilitas, dan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Keuntungan yang didapatkan perusahaan yaitu dari pembayaran biaya langganan. Hingga saat ini banyak perusahaan yang menerapkan model bisnis ini dan berhasil.
Fokus Penerapan Strategi Bisnis Subscription
Jika sudah mengetahui apa itu bisnis subscription, selanjutnya wajib memahami apa saja yang menjadi fokus utama dari strategi bisnis ini. Perlu diketahui bahwa setiap model bisnis memiliki prioritas utama yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa aspek yang difokuskan dalam model bisnis subscription.
Aspek Nilai
Aspek pertama yang difokuskan dari model bisnis ini yaitu aspek nilai karena metode ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Jadi tidak heran apabila perusahaan dengan strategi bisnis ini dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang lama.
Hasilnya, hubungan dan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan yang berkelanjutan dapat meningkatkan rasa percaya pelanggan. Dengan begitu maka pelanggan akan menggunakan layanan atau produk tersebut secara terus-menerus.
Aspek Prediktabilitas
Aspek selanjutnya yang difokuskan dalam model bisnis digital subscription yaitu predictabilitas. Pasalnya, model bisnis ini bisa membuat alur permintaan pelanggan lebih lancar. Pada akhirnya, pihak perusahaan dapat menjalankan bisnis lebih efektif sesuai dengan rencana awal.
Dalam hal ini perusahaan sudah dapat memperkirakan seberapa banyak jumlah pelanggan yang di raup setiap bulan. Dengan begitu maka secara otomatis perusahaan dapat menghitung pendapatan pasti yang diperoleh.
Aspek Hubungan Dengan Pelanggan
Sebenarnya hubungan dengan pelanggan merupakan fokus utama dari model bisnis ini. Perusahaan tentu mempunyai peluang besar untuk melakukan interaksi dengan pelanggan lewat strategi relationship marketing. Selain itu, perusahaan pun akan memperoleh feedback setiap bulan dari pelanggan.
Feedback tersebut kemudian menjadi bahan untuk evaluasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk atau layanan yang diberikan. Dengan begitu maka perusahaan dapat melakukan perbaikan atau peningkatan layanan dari masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan sehingga kebutuhan pelanggan bisa lebih terpenuhi.
Kelebihan Model Bisnis Subscription
Saat ini banyak perusahaan yang beralih menerapkan model bisnis subscription. Hal ini terjadi karena bisnis ini terbukti dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta dapat menaikkan pendapatan.
Ada beberapa keunggulan dari model bisnis berlangganan yaitu sebagai berikut.
Pendapatan yang Pasti
Model bisnis ini dapat mengunci pelanggan untuk jangka waktu tertentu, misalnya dalam waktu 1 bulan. Untuk itu, perusahaan dapat memperoleh penghasilan pasti dalam periode tersebut dan sudah bisa memprediksinya.
Ketika perusahaan sudah dapat memperkirakan berapa jumlah pendapatan yang diperoleh maka hal tersebut dapat meningkatkan kegiatan operasional dan penjualan bisnis.
Meminimalisir Budget Untuk Customer Retention
Keuntungan lainnya juga bisa dilihat dari segi anggaran. Biasanya perusahaan harus mengeluarkan anggaran besar untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk model bisnis yang satu ini.
Jika perusahaan menggunakan model bisnis subscription, maka tidak butuh budget yang banyak untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Biaya langganan secara otomatis akan dibayarkan setiap bulan untuk dapat menikmati layanan tersebut.
Hal ini juga memudahkan perusahaan untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan pelanggan. Misalnya jika ada produk atau layanan baru, perusahaan lebih mudah untuk menginformasikannya.
Meningkatkan Pendapatan
Ternyata model bisnis digital subscription dapat membuka peluang yang besar untuk menambah pendapatan. Jika pelanggan telah memutuskan untuk berlangganan, maka perusahaan mempunyai waktu panjang untuk membuat para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan. Hal ini ternyata dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan.
Dengan begitu maka perusahaan memiliki peluang dan kesempatan untuk memberikan penawaran yang lebih unggul, misalnya upgrade ke layanan premium. Dengan begitu maka peluang untuk menambah jumlah pendapatan semakin terbuka lebar.
Cara Kerja Dari Model Bisnis Subscription
Hal-hal mengenai arus cash flow di model bisnis ini juga harus diketahui dengan baik. Berikut merupakan cara kerja dari model bisnis subscription.
SAC
SAC adalah biaya untuk mendapatkan pelanggan yang terdiri dari biaya outsourcing, komisi penjualan, dan pemasaran. Biaya tersebut dihitung per pelanggan yang diperoleh.
MRR
MRR adalah pendapatan bulanan yang dihitung dari hasil biaya subscription dari pelanggan. Untuk menghitungnya, caranya yaitu mengalikan jumlah pelanggan dengan nominal biaya langganan per bulan.
Churn
Churn lebih mengacu terhadap penghasilan yang hilang karena pelanggan berhenti dari sistem langganan tersebut. Untuk menghitungnya yaitu mengalikan sisa pelanggan dengan nominal biaya langganan.
MRC
MRC adalah biaya bulanan yang berulang yang mana termasuk biaya operasional serta biaya penanganan keluhan pelanggan.
LVT
LVT adalah nilai seumur hidup berupa total pendapatan yang didapatkan dari setiap pelanggan.
Manfaat Menggunakan Bisnis Model Subscription
Bisnis digital subscription bermanfaat untuk perusahaan maupun pelanggan. Berikut penjelasannya.
Manfaat Untuk Perusahaan
Bagi perusahaan, model bisnis ini sangat bermanfaat karena jauh lebih mudah untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam menggunakan layanan perusahaan. Perusahaan tidak membutuhkan biaya ekstra untuk melakukan akuisisi pelanggan baru per bulan.
Selain itu, perusahaan pun dapat memperoleh penghasilan tetap dan mempunyai kesempatan untuk upgrade pendapatan. Hubungan pelanggan dengan perusahaan pun jauh lebih intens sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan layanan.
Manfaat Untuk Pelanggan
Sedangkan untuk pelanggan, manfaat dari model bisnis subscription yaitu pelanggan tidak harus memesan kembali saat ingin menggunakan sebuah layanan. Selain itu, pelanggan bisa melakukan perencanaan anggaran per bulan yang konsisten dengan mudah.
Bahkan biasanya perusahaan akan memberikan diskon untuk para pelanggan yang menggunakan sistem subscription. Cara ini tentu sangat menguntungkan pelanggan karena bisa lebih menghemat budget.
Itulah penjelasan mengenai bisnis digital subscription yang saat ini diminati oleh banyak perusahaan. Model bisnis ini sangat cocok diterapkan terutama untuk perusahaan yang memberikan produk atau brand yang berbasis layanan.(lis)