Kudus, berdikarinews.id – Saat ini bidang bisnis dan industri semakin berkembang mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar. Bahkan kini banyak perusahaan yang kemudian mengalihkan model bisnis dengan strategi produk freemium. Bisnis digital freemium saat ini menjadi sangat populer karena dianggap sebagai solusi atas kebutuhan pelanggan.
Pasalnya strategi ini merupakan alternatif terbaik yang mana sebagian besar pelanggan ingin mencicipi terlebih dahulu kualitas produk sebelum memilih untuk membelinya. Mungkin ada beberapa dari kamu yang belum begitu mengetahui apa itu produk freemium. Kemudian mengapa strategi bisnis ini sangat populer akhir-akhir ini?
Mengenal Apa Itu Freemium
Freemium adalah sebuah jenis model atau strategi bisnis yang mana perusahaan akan memberikan penawaran layanan pelengkap dan tambahan biaya kepada pelanggan. Dalam hal ini biasanya perusahaan yang menggunakan model yaitu perusahaan yang menyediakan layanan sehingga bisa dicoba secara gratis oleh para pengguna.
Namun seiring berjalannya waktu perusahaan kemudian menawarkan layanan lebih canggih dengan berbagai fitur tambahan. Layanan tersebut lebih dikenal dengan istilah layanan premium. Biasanya untuk layanan premium pelanggan wajib membayar sejumlah biaya per bulan untuk menikmati akses dan fitur-fitur yang lebih lengkap.
Ternyata model bisnis ini dinilai lebih efektif terutama untuk perusahaan dengan basis internet dan biaya akuisisi pelanggan yang kecil tetapi mempunyai nilai umur yang panjang.
Strategi bisnis digital freemium memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bisa menggunakan berbagai fitur dasar dari sebuah game, software, atau layanan gratis. Selanjutnya, perusahaan akan memberikan ketentuan biaya supaya pelanggan dapat upgrade menggunakan paket layanan yang lebih lengkap dengan fitur yang lebih memadai atau premium.
Strategi ini cukup populer terutama untuk perusahaan baru yang mencoba memikat para pelanggan untuk menggunakan layanan mereka. Hanya saja kemampuan untuk menikmati fitur dan program terbatas, sehingga untuk memperoleh paket lengkapnya harus upgrade dengan biaya tambahan.
Perusahaan yang paling sering menggunakan model bisnis ini yaitu perusahaan game atau software. Jadi setiap orang diperbolehkan untuk menggunakan software atau game tersebut secara gratis di awalnya sebagai demo. Namun untuk fitur khusus lainnya hanya bisa diakses jika pelanggan membayarkan biaya ekstra.
Tujuan Menggunakan Layanan Freemium
Seperti halnya namanya, freemium atau free premium memberikan kesempatan kepada para pelanggan untuk menggunakan layanan atau produk dari sebuah perusahaan secara gratis. Kemudian penggunaan tersebut dilanjutkan dengan mewajibkan para pengguna melakukan pembayaran. Namun hal yang terpenting dalam hal ini yaitu bahwa freemium berbeda halnya dengan kata premium dengan contoh gratis.
Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang berbasis layanan menggunakan bisnis freemium dengan opsi gratis untuk para pengguna. Namun untuk penggunaannya hanya pada layanan dasarnya saja dan dibatasi dalam jangka waktu tertentu. Tujuan utama dari bisnis ini yaitu supaya sebagian besar penggunanya pada akhirnya melakukan pembayaran untuk menikmati layanan yang lebih lengkap.
Ada beberapa contoh bisnis freemium antara lain sebagai berikut.
- Game
- Software/program
- Aplikasi layanan
- Website download
Strategi Bisnis Model Freemium
Sebenarnya model bisnis premium merupakan strategi yang menawarkan peluang dan kesempatan bagi pengguna untuk mencoba kualitas layanan perusahaan terlebih dahulu. Setelah mengetahui kualitas produk tersebut, pelanggan jadi bisa mengetahui seberapa baik kualitasnya dan diharapkan bisa menggunakan layanan premium.
Untuk bisa menggunakan strategi bisnis ini dengan tepat, ada berbagai aspek yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Berikut ini merupakan cara terbaik supaya perusahaan bisa menggunakan strategi bisnis freemium.
Menggunakan Fitur Dasar Saja
Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan yaitu menawarkan fitur-fitur dasarnya saja kepada para pengguna. Artinya, perusahaan membatasi fitur-fitur utama dari layanan yang dimiliki.
Sedangkan untuk akses ke bagian layanan yang lebih lengkap, perusahaan menutupnya. Dengan begitu nantinya perusahaan bisa menawarkan fitur tambahan lainnya, meningkatkan fungsi dari layanan yang tersedia, atau melakukan upgrade berbayar untuk pengguna.
Membatasi Kuota Penggunaan
Selanjutnya, untuk menerapkan bisnis digital freemium yang tepat yaitu dengan membatasi kuota penggunaan. Hal ini menjadi strategi yang sangat penting bagi perusahaan.
Pasalnya, perusahaan bisa memberikan batas di jumlah penyimpanan, jumlah kredit bulanan dan kuota pemrosesan data di layanan yang mereka miliki. Dengan begitu maka para pengguna akan lebih penasaran untuk layanan yang lebih lengkap lagi.
Kurangi Layanan Bantuan
Strategi terakhir yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu mengurangi layanan bantuan untuk para pengguna. Untuk strategi freemium sendiri, membatasi interaksi tim customer service serta teknikal support dengan para pengguna merupakan cara yang paling tepat.
Jadi untuk para pengguna yang masih menggunakan layanan gratis hanya mendapatkan layanan customer service dasar saja. Selain itu, perusahaan juga bisa menyediakan layanan sel service untuk pengganti dari minimnya bantuan untuk pengguna yang menggunakan layanan gratis.
Keunggulan Model Bisnis Freemium
Setelah mengetahui apa itu bisnis digital freemium dan strategi kerjanya, selanjutnya akan dibahas mengenai apa saja keunggulan dari model bisnis ini. Ketika melihat cara kerjanya, untuk startup yang sedang di tahap filter segmen pasar tentu sangat menggiurkan.
Tidak hanya menjadi sarana bagi para customer untuk mencicipi kualitas layanan perusahaan, ternyata model bisnis ini memiliki banyak keunggulan. Berikut merupakan beberapa keunggulan dari model bisnis freemium.
- Dapat meningkatkan retensi pelanggan
- Menciptakan layanan yang berorientasi pada kualitas
- Perusahaan bisa menyediakan layanan tanpa ada batas pengguna
- Layanan lebih mengacu terhadap kebutuhan pengguna
- Lebih hemat biaya
- Perusahaan menyediakan variasi daftar harga untuk para pengguna
Alasan Perusahaan Memilih Model Bisnis Freemium
Secara umum ada dua alasan mengapa banyak perusahaan besar yang lebih memilih model bisnis digital freemium. Berikut merupakan penjelasannya.
Untuk Marketing
Perlu diketahui bahwa tujuan utama dari bisnis freemium itu sebagai salah satu strategi marketing atau pemasaran yang sangat efektif. Jika melihat pengertiannya, strategi ini memudahkan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan karena pelanggan diperbolehkan menggunakan produk tersebut secara gratis untuk beberapa fitur dasarnya.
Apalagi saat ini biaya penggunaan internet semakin tinggi sehingga adanya layanan gratis tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelanggan.
Meskipun pada awalnya hanya merupakan pengguna gratis yang tidak menghasilkan konversi, tetapi para pengguna tersebut dapat mengundang pengguna lainnya yang dapat menjadi pengguna premium, yaitu yang melakukan pembayaran untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.
Network Effect
Selain itu, tujuan selanjutnya dari model bisnis freemium yaitu Network effect atau efek jaringan. Lu diketahui bahwa efek jaringan merupakan suatu layanan atau produk yang menjadi sangat bernilai ketika ada banyak orang yang menggunakannya. Misalnya telepon, alat tersebut tidak akan berfungsi jika tidak bisa menelepon orang lain. Saat semua orang mempunyai telepon, maka produk tersebut menjadi sangat berharga untuk dimiliki.
Itulah gambaran dari efek jaringan yang dimaksud dari model bisnis freemium. Jika pengguna ada di pasar yang selaras dengan efek jaringan tersebut, maka pengguna kemudian ingin memiliki produk tersebut juga.
Jadi itulah penjelasan mengenai bisnis digital freemium mulai dari pengertiannya, cara kerjanya, tujuannya, hingga keunggulannya. Dapat disimpulkan bahwa model bisnis ini menjadi salah satu strategi bisnis yang menguntungkan terutama untuk perusahaan yang berbasis layanan atau software karena dapat menarik pelanggan dengan mencoba layanan yang tersedia secara gratis.(lis)